Posted on


Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

LINDAVIDALA.COM – BEIJING. China bakal mencapai level baru dalam pengembangan persenjataan dan peralatan militer dalam lima tahun ke depan, pakar militer Song Zhongping mengatakan. 

Menurut Song, Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025) akan mempersiapkan peringatan 100 tahun berdirinya Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) pada 2027 dengan mencapai mekanisasi, informatisasi dan kecerdasan.

Kepada Global Times, Kamis (11/3), dia menyebutkan, sejumlah besar senjata dan peralatan militer canggih akan China kembangkan selama periode tersebut, bahkan bakal melampaui pencapaian dalam lima tahun terakhir.

China sedang membangun kapal induk ketiganya yang jauh lebih besar dari dua kapal induk sebelumnya, dan memiliki ketapel elektromagnetik yang baru dikembangkan. 

Prediksi Song, kapal induk ketiga China ini bisa meluncurkan dalam satu atau dua tahun kedepan, dan mulai beroperasi di 2025.

Baca Juga: Komandan militer AS: China bisa serang Taiwan dalam 6 tahun ke depan

Pembom siluman jarak jauh H-20 juga bisa melakukan debutnya segera. Ia memproyeksikan, pesawat yang dilengkapi senjata nuklir itu akan menjadi penangkal strategis kaliber tinggi seperti pembom B-2 milik Amerika Serikat.

Tambahan persenjataan militer China lainnya bisa mencakup jet tempur siluman berbasis kapal induk generasi berikutnya dan senjata rel elektromagnetik yang dipasang di kapal perang.

Kemudian, kapal selam serang bertenaga nuklir Type 09V dan kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir Type 09VI.

Memanfaatkan peran sains dan teknologi

Sebelumnya, Presiden Xi Jinping pada Selasa (9/3) menekankan pencapaian awal yang baik dalam memperkuat pertahanan nasional dan angkatan bersenjata China selama periode Rencana Lima Tahun ke-14.

Xi, yang juga menjabat Ketua Komisi Militer Pusat, membuat pernyataan itu saat menghadiri Rapat Paripurna Delegasi Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan Pasukan Polisi Bersenjata Rakyat pada sesi keempat Kongres Rakyat Nasional.

Baca Juga: Xi Jinping: Pengembangan angkatan bersenjata China harus fokus pada kesiapan tempur






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *