Posted on


LINDAVIDALA.COM – Gentle birth menjadi istilah yang populer di kalangan ibu hamil. Metode melahirkan dengan gentle birth dipercaya memberikan pengalaman yang minim trauma dan rasa sakit bagi calon ibu. 

Melahirkan memang menjadi salah satu hal yang ditakuti bagi sebagian besar ibu hamil. 

Berdasarkan penelitian, sebanyak 1 dari 4 ibu hamil dihantui oleh ketakutan saat melahirkan. 

Selain itu, melahirkan yang menimbulkan rasa sakit berlebih juga bisa membuat perempuan trauma untuk kembali hamil dan melahirkan. Lantas, seperti apa metode melahirkan gentle birth? 

Baca Juga: Macam-macam warna pada ASI, tidak perlu panik jika tidak berwarna putih

Mengenal gentle birth

Dikutip dari Smart Parenting, menurut Velvet Escario-Roxas, seorang doula kelahiran bersertifikat, metode gentle birth adalah persalinan yang dilakukan dengan tenang, lembut, sehingga menimbulkan rasa nyaman, positif, dan membuat ibu serta bayi merasa bahagia serta lebih sehat. 

Dalam metode gentle birth, sang ibu juga harus bisa memperdayakan dirinya sendiri dengan sejumlah latihan sehingga tubuhnya siap untuk melakukan persalinan. 

Selain itu, persalinan dapat dilakukan secara gentle birth jika hak-hak ibu dihormati dan preferensi kelahirannya dipenuhi oleh penolong persalinannya. 

Rencana kelahirannya mungkin mencakup detail tentang jenis intervensi persalinan yang dia pilih dan siapa yang dia inginkan di sisinya sebagai tim pendukung. 

Artinya, gentle birth benar-benar fokus pada hak-hak ibu dan bayinya serta jenis dukungan yang mereka terima.

Baca Juga: 7 Kegunaan lain garam dapur, dari penghilang noda hingga bau amis

Komponen terpenting dari gentle birth adalah bayi tidak boleh lepas dari ibunya, dan keinginan ibu harus dihormati sehingga harus sesedikit mungkin traumatis bagi ibu dan anak.

Selain itu, dalam gentle birth proses persalinan memang harus memperdayakan kemampuan alami seorang perempuan dalam melahirkan sehingga intervensi medis minim dilakukan kecuali memang benar-benar dibutuhkan. 

Konsep gentle birth juga menawarkan metode hypnobirthing  yang mengajarkan cara untuk lebih tenang, relaks, berpikir positif, dan percaya diri. 

Gentle birth biasanya akan berhasil kalau ibu hamil rutin melakukan rangkaian program pelatihan gentle birth sebelum masa persalinan. 

Maka dari itu, jika seorang ibu hamil memang ingin melakukan gentle birth melalui hypnobirthing, mulailah mencari dokter dan rumah sakit yang menyediakan layanan ini.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *