Posted on


ILUSTRASI. Jelang Lebaran, BI ramal penjualan eceran malah turun

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

LINDAVIDALA.COM –  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) meramal penjualan eceran pada bulan April 2021 masih akan mengalami penurunan. 

“Ini tercermin dari Indeks ekspektasi Penjualan (IEP) 3 bulan yang akan datang sebesar 150,4 atau turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 152,5,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangannya, Selasa (9/3). 

Padahal, seperti yang kita ketahui, pada bulan April Indonesia akan memasuki bulan Ramadhan dan persiapan hari besar keagamaan Idul Fitri yang biasanya menggenjot kinerja ritel.

Namun, BI melihat bulan Ramadan ini akan memberi tekanan inflasi 3 bulan mendatang. Ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 156,9 atau naik dibandingkan 149,7 pada bulan sebelumnya. 

Baca Juga: BI: Penjualan eceran turun pada Januari 2021

Sementara itu, penjualan eceran 6 bulan mendatang atau pada Juli 2021 juga diperkirakan menurun. INi terlihat dari IEP 6 bulan yang sebesar 154,1 atau lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 165,8. 

Kemudian, tekanan harga 6 bulan mendatang atau pada Juli 2021 diperkirakan akan menurun. Ini terlihat dari IEH 6 bulan yang akan datang sebesar 153,5 atau lebih rendah dari 164,8 pada bulan sebelumnya. 

“Responden menyatakan hal tersebut antara lain karena kelancaran distribusi dan kecukupan pasokan,” tandas Erwin. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LINDAVIDALA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *