Posted on


ILUSTRASI. Daihatsu Motors. Picture taken on June 12, 2017. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

LINDAVIDALA.COM – JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih merahasiakan kemungkinan untuk meluncurkan produk baru seiring berlakunya insentif relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen bulan ini.

Sebagai informasi, Pemerintah menjalankan aturan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atau PPnBM nol persen untuk mobil baru dimulai Maret 2021 (PPnBM mobil). Diskon PPnBM nol persen ini menggunakan skema ditanggung pemerintah (DTP), dengan besaran diskon sebesar 100% di bulan pertama.

Hendrayadi Lastiyoso, Kepala Divisi Marketing & CR PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, mengungkapkan pihaknya perlu melakukan riset pasar dan proses persiapan yang sangat panjang sebelum keluarkan produk baru, sehingga perkembangannya tidak selalu bisa merespon kebijakan yang baru dikeluarkan.

“Meluncurkan model baru merupakan bagian dari product strategy suatu brand, untuk itu tentunya harus melalui riset pasar dan proses persiapan yg sangat panjang, jadi tidak bisa hanya seketika dalam waktu singkat hanya karena merespon suatu kebijakan yg baru saja dikeluarkan. Jadi, jika di masa periode relaksasi PPnBM ini Daihatsu meluncurkan model baru, tentunya strategi tersebut sudah melalui proses persiapan yang panjang pula. Untuk produk baru, yang pasti, tunggu saja tanggal mainnya,” jelasnya kepada LINDAVIDALA, Selasa (9/3).

Baca Juga: Rincian harga mobil bekas Daihatsu Luxio, makin murah saja

Ia melanjutkan, sampai saat ini Daihatsu masih mengamati respon calon pembeli dan masyarakat pasca diberlakukannya insentif PPnBM ini, sehingga menurutnya masih terlalu dini untuk memproyeksi pertumbuhan penjualan hingga akhir tahun.

Namun demikian, jika melihat perbandingan surat pemesanan kendaraan (SPK) di minggu pertama Maret dengan Februari lalu, Daihatsu mencatat empat model yang menerima insentif PPnBM nol persen mengalami kenaikan penjualan mencapai 40%.

Adapun jenis model tersebut adalah Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia, Luxio, Gran, dan Max minibus. “Secara tahunan, target Daihatsu di tahun ini adalah ingin tetap mempertahankan posisi market share nomor 2 secara nasional untuk yang ke-13 kalinya, dengan besarnya market share minimal 17%,” sambung dia.

Adapun model lainnya yang tidak mendapatkan insentif PPnBM penjualannya juga mengalami peningkatan sebesar 20% dibandingkan Februari. Produk tersebut antara lain adalah Ayla, Sigra, Sirion, Gran Max pick up, dan Gran Max Blind.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LINDAVIDALA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *