Posted on


ILUSTRASI. Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk Susanto Djaja. LINDAVIDALA/Muradi/2019/08/01

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi

LINDAVIDALA.COM – JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) kembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Indonesia. Hal ini merupakan langkah MTDL dalam mendorong transformasi digital di Indonesia melalui dua unit bisnisnya, yaitu unit bisnis distribusi yang bekerja sama dengan merek-merek TIK ternama dunia dan unit bisnis Solusi dan Konsultasi. 

Susanto Djaja, Presiden Direktur MTDL mengatakan teknologi AI merupakan salah satu kunci penting dalam transformasi digital. Namun, saat ini perkembangan dan adopsi teknologi AI di Indonesia masih belum sepesat negara-negara maju lainnya. 

“karena masih kurangnya kesiapan industri atau pemain bisnis untuk membuka akses data mereka untuk bertransformasi secara digital. Untuk itu kami mengandalkan lini bisnis Solusi dan Konsultasi, serta Distribusi menyediakan fasilitas dan solusi AI agar teknologi ini terus berkembang dan lebih banyak digunakan di Indonesia,” jelas Susanto dalam keterangan resminya, Senin (8/3). 

Baca Juga: Di 2021, Jasa Marga (JSMR) andalkan pendanaan dari perbankan, obligasi dan divestasi

Metrodata menawarkan solusi AI berupa fraud detection yang membantu tim anti-fraud untuk mitigasi risiko operasional khususnya untuk pelanggan di sektor keuangan & perbankan. 

Ia bilang, tak hanya terbatas pada sektor Keuangan & Perbankan, MTDL  juga membantu sektor usaha lainnya seperti Image Detection using Deep Learning (DL), yaitu sebuah fitur pengenalan objek berdasarkan gambar atau foto, Candidate Recommendation yang digunakan bagian Human Resources Development (HRD), dan sebagainya.

Selain itu MTDL juga hadirkan penerapan teknologi AI dalam membantu penyandang disabilitas dengan meluncurkan TISA atau platform digital bersama dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai yakni platform digital berupa chatbot yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual melalui kemampuan AI. 

Baca Juga: Penjualan bersih Multi Bintang Indonesia (MLBI) turun 46,63% (yoy) di tahun 2020

“Hal ini juga merupakan upaya Metrodata untuk mempercepat pengembangan dan memajukan teknologi AI di Indonesia dan membantu infrastruktur untuk transformasi digital. Oleh karena itu, Metrodata melalui bisnis unit Solusi & Konsultasi serta Distribusi akan terus memberikan solusi bagi mitra bisnisnya,” tutupnya. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LINDAVIDALA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *