Posted on


ILUSTRASI. Perumahan yang dikembangkan PT Puri Global Sukses Tbk di Batam.

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

LINDAVIDALA.COM – JAKARTA. Fokus dan jeli memandang peluang di masa yang akan datang adalah kunci memastikan investasi dapat berjalan sesuai harapan. Hal inilah yang ditanamkan dalam pola pikir Eko Saputro Wijaya dalam berinvestasi.

Presiden Direktur PT Puri Global Sukses Tbk (PURI) ini mengaku menjadikan properti sebagai portofolio investasi utamanya. Pemilihan properti tidak terlepas dari potensi Batam yang dia nilai punya prospek menarik. Batam juga merupakan pusat operasi bisnis PURI.

“Kondisi ekonomi yang stabil, khususnya di Pulau Batam merupakan momen penting yang mendorong saya untuk membangun investasi. Prospek properti di kota Batam sendiri kan cukup menjanjikan ke depannya seiring lokasinya yang strategis,” kata Eko kepada LINDAVIDALA.COM, belum lama ini.

Pria berumur 35 tahun ini meyakini, letak Batam yang berdekatan dengan Singapura akan menjadi kunci penting dalam perkembangan dunia properti. Dia melihat, dengan Batam yang menjadi destinasi investasi, perkembangan tersebut pada akhirnya membutuhkan banyak pasokan dari properti seperti residensial, komersial, dan high-rise building.

Baca Juga: Anderson Sumarli, CEO Ajaib Group yang mengawali investasi sejak umur 9 tahun

Melihat peluang tersebut, dia pun memulai bisnis sekaligus investasinya pada sektor properti lewat. Apalagi, dengan perkembangan ke depan, akan banyak investor asing yang semakin melirik Batam. Dia pun memutuskan untuk berfokus pada segmen tersebut untuk bisnis properti PURI.

“Namun, mengawali investasi properti di Batam tidaklah mudah, saat itu sudah banyak perusahaan properti yang memang sudah punya nama dan berpengalaman. Namun, dengan tata kelola dan SDM yang baik di bagian administrasi dan marketing, kemudian kami terus memperluas landbank, perlahan mulai bisa tumbuh,” imbuh Eko.

Kini, Eko mengaku portofolio investasinya tersebar 70% pada ranah properti, sementara 30% lagi dia tempatkan pada usaha di bidang tourisme dan hospitality.

Baca Juga: Begini kriteria saham pilihan Presiden Direktur Surya Fajar Sekuritas Steffen Fang

Lulusan Monash University ini terbukti sudah punya rekam jejak yang mentereng dalam dunia properti. Mulai dari proyek perumahan Monde, perumahan Diamond dan Shophouse dengan tingkat penjualan sudah mencapai di atas 90%. Kini, bersama PURI, dia sedang merealisasikan proyek apartemen dengan nama Permata Residences sebagai kelanjutan projek jangka panjang. 

Eko bilang, beberapa faktor yang perlu diperhatikan jika hendak berinvestasi terutama dalam sektor industri properti adalah,memahami regulasi, legalitas lahan, peruntukan lahan dan tata kota, fasilitas umum, hingga prospek pasar, dan sasaran segmen pasar.

“Sebagian investor pemula biasanya memiliki tujuan jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan besar secara instan. Hal ini sebenarnya kurang tepat karena dalam berinvestasi properti membutuhkan kesabaran dan proses, serta brand image perusahaan harus dipertahankan sebaik-baiknya,” imbau pria kelahiran Tanjung Pinang ini.

Terakhir, Eko pun menyarankan sebelum memulai berinvestasi, sebaiknya jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Pelajari dan pahami terlebih dahulu jenis investasi yang akan dilakukan.

Baca Juga: Ini kata pengamat hukum pasar modal soal unrealized loss dalam investasi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LINDAVIDALA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *