Posted on

Tips Menjaga Anjing di Kala Musim Hujan

Bagaimana itu?

 

Kesehatan hewan- Musim hujan telah melintas hingga sekarang tetap berjalan seperti biasanya meskipun tidak sering. Adanya turun hujan ini membuat kondisi lingkungan menjadi baik dan ada pula dampak buruk yang ditimbulkannya. Hal ini memang sudah menjadi semestinya sesuai dengan kodrat alam sesungguhnya.

Musim hujan menjadi keberkahan bagi beberapa orang. Akan tetapi, hujan terlalu sering juga dapat menimbulkan beberapa masalah serta ancaman bagi hewan-hewan yang tidak tahan dengan adanya musim becek atau dingin.

Seperti halnya anjing, memang beberapa anjing memiliki kualitas tertentu yang bisa menjaga keseimbangan tubuhnya melalui dua musim. Akan tetapi, tidak semua jenis anjing bisa memiliki kemampuan tersebut. Sehingga Anda sebagai pemilik harus bisa mengetahui keadaan hewan peliharaannya.

Dalam kondisi hujan seperti ini memang semua hewan mengalami perubahan kestabilan tubuh, seperti halnya pada ayam, bebek, kambing, sapi, dan juga anjing pada umumnya di rumah. Oleh karena itu, penjagaan hewan peliharaan sangat di khawatirkan saat pergantian musim.

Lalu, bagaimana kita sebagai pemilik hewan peliharaan untuk bisa mengatasi hal ini? Nah, disini kami akan membagi tips bagi Anda terkait bagaimana cara menjaga kesehatan hewan  terutama pada anjing ketika musim hujan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dan coba di rumah.

  1. Jagalah Bulu Anjing agar tetap Kering

 

Menjaga bulu anjing untuk tetap kering ini juga merupakan salah satu tips utama agar kondisi tubuh anjing tetap membaik di kalam musim hujan. Jadi, Anda sebagai pemilik anjing harus memperhatikan kondisi bulu atau tubuh anjing dalam keadaan kering atau tidak. Karena jika tubuh atau bulu anjing ini basah, maka anjing ini akan merasa kedinginan dan menimbulkan dampak flu atau demam pada anjing.

 

  1. Menjaga Tempat Tidur Anjing tetap Kering dan Nyaman

 

Menjaga kestabilan tempat istirahat anjing ini sangat diperlukan. Karena memang tempat istirahat anjing ini berpengaruh sebagai peningkatan energi dan daya tahan anjing ketika sedang beristirahat untuk melakukan aktivitas keseharian nya. Jadi, pastikan segala kondisinya dengan baik.

  1. Perhatikan Kondisi Tubuh dan Cara Makan Si Anjing Seperti Biasanya atau Tidak

 

Sangat penting bagi Anda pemilik peliharaan anjing untuk memastikan kondisi dan cara gerak dalam kesehariannya itu berubah atau tidak. Jika geraknya dominan lemas, maka anjing yang Anda pelihara bisa saja sakit. Kemudian, Anda harus memperhatikan pakan yang Anda berikan, jika anjing makannya tidak seperti biasanya porsinya, maka Anda harus segera mengganti dengan makanan lainnya.

 

  1. Kurung atau Cegah Anjing Keluar dari Rumah Selama Musim Hujan

 

Anda sebagai pemilik pasti sudah mengetahui bahwa cuaca hujan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan hewan peliharaan Anda. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak membiarkan anjing keluar dari rumah. Sehingga Anda harus bisa menghibur anjing tersebut agar tidak jenuh di rumah.

 

  1. Mandikan dengan Air Hangat dan Bersihkan Area Telinga secara Rutin

 

Memandikan hewan peliharaan juga sebagai faktor baik untuk kesehatan hewan peliharaan. Maka dari itu, Anda harus membersihkan rutin area telinga anjing dan memandikannya dengan air hangat sebagai relaksasi tubuh anjing tersebut. Karena jika anjing yang Anda miliki Anda biarkan begitu saja, maka kotoran dan bakteri akan menempel secara cepat dan menyebarkan virus-virus buruk di rumah.

Maka dari itu, jika Anda memiliki hewan peliharaan yang tidak sinkron dengan musim hujan, sebaiknya Anda perhatikan lebih untuk menindaklanjuti perawatan hewan tersebut.

Halodoc adalah aplikasi yang menghubungkan praktisi kesehatan, seperti dokter, apotek, dan laboratorium langsung ke tangan pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *