Posted on


ILUSTRASI. Logo grup PT PP.

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Noverius Laoli

LINDAVIDALA.COM –  JAKARTA. PT PP Tbk (PTPP) telah menuntaskan pembangunan konstruksi proyek Bendungan Sindang Heula yang berlokasi di Provinsi Banten. Proyek pembangunan bendungan tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang ditandai secara simbolis dengan prosesi penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti. 

Acara peresmian tersebut dilaksanakan di lokasi Bendungan Sindang Heula, Banten pada hari Kamis (4/3) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

PTPP bersama dengan PT Hutama Karya (Persero) yang tergabung dalam konsorsium dipercaya oleh Kementerian PUPR untuk mengerjakan pembangunan Bendungan Sindang Heula yang memiliki nilai kontrak sebesar Rp 427 miliar. Pembangunan Bendungan Sindang Heula ini dikerjakan dengan masa pelaksanaan selama 38 bulan secara multiyears yang dimulai sejak tahun 2015 dan memiliki masa pemeliharaan selama 12 bulan. 

Dalam peresmiannya tersebut, Jokowi didampingi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Direktur Utama PTPP Novel Arsyad.

Baca Juga: PTPP bakal terbitkan obligasi senilai Rp 1,5 triliun dan sukuk Rp 500 miliar

Acara peresmian tersebut turut dihadiri oleh M. Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2 PTPP, dan Yuyus Juarsa selaku SVP Corporate Secretary PTPP.  Selain itu, dalam acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Para Pejabat Daerah setempat dan tokoh masyarakat. 

Proyek pembangunan ini memiliki lingkup pekerjaan konstruksi, antara lain: pembangunan main dam, saddle dam, jalan akses, jembatan pelayanan, akses operasional & pemeliharaan, spillway, serta akses mercu spillway. Proyek pembangunan Bendungan Sindang Heula yang berlokasi di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten ini didanai oleh APBN.

“Bendungan Sindangheula yang dibangun tahun 2015 sudah selesai dan siap difungsikan. Kita harapkan bendungan ini memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup sehingga semakin produktif dan bisa menjaga ketahanan pangan,” ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutan peresmian.

Dengan dibangunnya bendungan tersebut tentunya dapat memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektar (ha) sawah yang terdapat di Serang. Bendungan Sindang Heula ini juga akan menyediakan kebutuhan air baku bagi daerah industri yang sedang berkembang di beberapa Kota dan Kabupaten di Provinsi Banten dimana bendungan ini mampu menyediakan kebutuhan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik. 

“Kehadiran bendungan ini juga bermanfaat bagi pengendalian banjir dan juga berfungsi sebagai pembangkit listrik. Selain itu, dengan dibangunnya Bendungan Sindang Heula dapat memberikan nilai tambah sebagai kawasan wisata air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan lokal terutama masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan,” ujar Novel Arsyad.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LINDAVIDALA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *