Posted on


ILUSTRASI. Kurs rupiah Jisdor melemah 0,50% jika dibandingkan dengan kurs kemarin pada Rp 14.299 per dolar AS.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

LINDAVIDALA.COM –¬†JAKARTA.¬†Nilai tukar rupiah melemah di awal perdagangan Jumat (5/3). Hari ini, kurs rupiah Jakarta interbank spot dollar rate (Jisdor) berada di Rp 14.371 per dolar Amerika Serikat (AS). Kurs rupiah Jisdor melemah 0,50% jika dibandingkan dengan kurs kemarin pada Rp 14.299 per dolar AS.

Pukul 10.45 WIB, kurs rupiah spot melemah 0,46% ke Rp 14.333 per dolar AS dari posisi penutupan perdagangan kemarin pada Rp 14.267 per dolar AS.

“Mata uang yang memiliki tingkat imbal hasil surat utang tinggi seperti rupiah dan yen paling sensitif terhadap kenaikan US Treasury jadi bisa diprediksi bahwa kurs rupiah akan diperdagangkan di kisaran lemah pada saat ini,” kata Yanxi Tan, foreign exchange strategist Malayan Banking Bhd di Singapura seperti dikutip Bloomberg.

Baca Juga: Cadangan devisa bulan Februari 2021 moncer, tembus US$ 138,8 miliar

Sekadar informasi, pada perdagangan tadi malam, yield surat utang negara AS US Treasury naik lagi ke 1,55%. Meski masih di bawah level tertinggi tiga bulan 1,64% yang tercapai pekan lalu, kenaikan yield ini bisa menarik minat investor untuk menempatkan dananya sehingga menyebabkan kurs dolar AS menguat.

Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama dunia pagi ini berada di 91,70 yang merupakan level tertinggi sejak 30 November 2020.

Baca Juga: Rupiah melemah ke Rp 14.340 per dolar AS, ini penyebabnya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LINDAVIDALA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *