Posted on


ILUSTRASI. Wall Street

Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

LINDAVIDALA.COM – NEW YORK. Indeks S&P 500 naik tipis pada perdagangan hari Jumat (5/3), setelah penurunan tiga hari beruntun. Data ekonomi terbaru menunjukkan pertumbuhan pekerjaan bulanan yang lebih cepat dari perkiraan, memperkuat taruhan rebound ekonomi yang didorong oleh stimulus fiskal besar-besaran dan program vaksinasi.

Melansir Reuters, pukul 9:53 pagi waktu setempat, Indeks Dow Jones Industrial Average naik 74,48 poin atau 0,24% menjadi 30.998,62 dan S&P 500 naik 5,13 poin atau 0,14%, menjadi 3.773,60.

Sementara, Nasdaq Composite kehilangan 36,96 poin atau 0,29%, menjadi 12.686,52, terbebani oleh penurunan hampir 6% pada saham Tesla Inc.

Baca Juga: Saham Asia turun ke posisi terendah dalam satu bulan

Data Nonfarm payrolls melonjak 379.000 pekerjaan pada bulan lalu setelah naik 166.000 pada Januari. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan 182.000 pekerjaan.

Setelah data tersebut, patokan imbal hasil US Treasury tenor 10-tahun mencapai level tertinggi baru satu tahun di 1,626%. Saham bank yang sensitif terhadap suku bunga naik sekitar 1,6% di tengah prospek ekonomi yang lebih baik.

Semua sektor utama S&P 500 naik, dipimpin oleh saham energi dan keuangan. “Ini menunjukkan bahwa pembukaan kembali berada di jalur yang benar dan terjadi lebih cepat dari yang kita duga,” kata Tim Ghriskey, kepala analis investasi di Inverness Counsel di New York.

“Konsensusnya adalah bahwa stimulus diperlukan untuk memulai ekonomi dan memperkuat pemulihan.”

Senat AS memulai debat kontroversial pada hari Jumat tentang usulan bantuan virus corona senilai US$ 1,9 triliun yang merupakan inisiatif Presiden Joe Biden.

Baca Juga: Harga minyak naik lebih dari 3%, capai level tertinggi lebih setahun

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell pada hari Kamis menawarkan pandangan optimis tentang pasar tenaga kerja, tetapi memperingatkan kembali ke pekerjaan penuh tahun ini “sangat tidak mungkin.”

Komentar Powell mengecewakan banyak investor yang mengharapkan langkah untuk mengekang lompatan baru-baru ini dalam imbal hasil US Treasury 10-tahun yang telah mengatur Nasdaq di jalur penurunan mingguan ketiga berturut-turut.

Nasdaq yang padat teknologi pada hari Kamis menghapus semua kenaikannya untuk 2021 dan berhenti untuk mengakhiri 10% di bawah penutupan tertinggi 12 Februari.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LINDAVIDALA Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *