Posted on


Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

LINDAVIDALA.COM – MOSKOW. Mulai tahun depan, Menteri Pertahanan Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu mengatakan pada Kamis (4/3), militer Rusia bakal menerima tank tempur canggih T-14.

“Pada 2022, ada pengiriman sejumlah tank T-14, kendaraan tempur infanteri T-15, serta kendaraan lapis baja untuk evakuasi dan perbaikan T-16 ke pasukan,” kata Shoigu, seperti dikutip TASS.

Prototipe kendaraan tempur berdasarkan platform Armata tersebut saat ini sedang menjalani uji coba. Menurut Shoigu, mereka memegang posisi terdepan dalam kendaraan tempur sejenis.

Senada, CEO and Chief Designer of the Urals Design Bureau of Transport Engineering Andrei Terlikov mengatakan, pengiriman tank tempur utama Armata T-14 ke militer Rusia mulai tahun depan.

Baca Juga: Rusia mulai pengembangan sistem rudal strategis Kedr generasi baru

Tank Armata T-14 meluncur pertama kali di luar negeri pada pameran senjata internasional IDEX 2021 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Februari lalu. 

T-14 berdasarkan platform Armata, yang dikembangkan oleh Uralvagonzavod, didemonstrasikan untuk pertama kalinya saat Parade Kemenangan di Lapangan Merah, Moskow, pada 9 Mei 2015. Tank tersebut kemudian menjalani uji coba pendahuluan pada 2019.

Kecerdasan buatan

Armata adalah platform yang berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan tank tempur utama, kendaraan tempur infanteri, pengangkut personel lapis baja, dan beberapa kendaraan lapis baja lainnya.

T-14 yang mengacu pada platform tempur Armata berbeda secara fundamental dari pendahulunya. Tank ini memiliki fitur peralatan digital penuh, menara tak berawak, dan kapsul lapis baja terisolasi untuk kru.

Baca Juga: Admiral Amelko & Chichagov, kapal fregat Rusia pembawa 32 rudal hipersonik






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *