Posted on


ILUSTRASI. Ilustrasi gempa bumi – alat seismograf

Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

LINDAVIDALA.COM – WELLINGTON. Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter melanda timur Selandia Baru North Island pada hari Jumat, memicu peringatan tsunami.

Penduduk setempat di daerah pesisir untuk segera pindah ke dataran tinggi. Gelombang tsunami mungkin terjadi dalam jarak 300 km dari pusat gempa, kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC).

“Siapapun di dekat pantai yang merasakan gempa PANJANG atau KUAT harus BERGERAK SEGERA ke tempat tinggi terdekat, atau sejauh mungkin ke pedalaman,” kata Badan Manajemen Darurat Nasional dalam sebuah tweet.

Baca Juga: Jadi yang terbaik, pengendalian Covid-19 Selandia Baru ada di peringkat satu dunia

Sejauh ini, tidak ada laporan kerusakan segera. Pemantau seismik pemerintah Selandia Baru, Geonet, mematok gempa berkekuatan 7,2 dengan kedalaman 94 km (58 mil).

Lebih dari 60.000 orang melaporkan merasakan gempa di situs GeoNet, dengan 282 orang menggambarkan getaran itu sebagai “parah” dan 75 orang mengatakan itu “ekstrim”. Kebanyakan orang lain menggambarkannya sebagai cahaya.

Kota besar terdekat dari episentrum adalah Gisborne dengan populasi sekitar 35.500 jiwa. Orang-orang di dekat pantai dari Cape Runaway ke Tolaga Bay disuruh mengungsi.






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *